Selasa, 13 Februari 2018

Cara Makan Sawo yang Benar

Hari ini pulang kerja aku mampir ke tukang buah untuk beli sawo dan beberapa buah lainnya untuk stok dirumah. Ini kali perdana Haisa nyobain sawo. Ehm udah pernah sih sebelumnya, cuma waktu itu Haisa kan masih belum bisa ngomong, nah kalau sekarang Haisa udah pinter ngoceh dan udah tau rasa, dan Haisa juga udah bisa ngasih pendapat yang dia suka atau enggak di suka. Terus pas dijalan menuju kerumah tiba-tiba aja aku mikir, cara makan buah sawo yang tepat itu kaya gimana? dimakan langsung tanpa harus dibelah? di belah dua terus makan pakai sendok atau di penyet dengan tangan supaya terbelah atau bagaimana?
Penting gak sih ngebahas cara makan sawo kek gimana? Ya pokonya sepenting manfaat sawo yang perlu kamu ketahui moms 😊
Buah Sawo atau sapota (Manilkara zapota) termasuk buah yang populer yang merupakan buah dari tanaman tropis yang eksotis dengan rasa yang manis dan lezat. Sawo yang berdaging lembut ketika masak kaya akan kalori, yang tersusun dari gula sederhana seperti fruktosa dan sukrosa, sehingga ketika dimakan akan langsung mengisi ulang energi dan merevitalisasi tubuh. Selain itu, buah sawo mengandung sumber vitamin, mineral dan tanin yang bermanfaat sebagai antioksidan bagi tubuh.

Buah sawo awalnya berasal dari hutan hujan di Amerika Tengah dan kini telah tersebar dan dibudidayakan di banyak daerah tropis seperti India, Sri Lanka, Indonesia dan Malaysia. Pohon sawo memiliki pertumbuhan yang sangat cepat, tahan angin dan tahan panas, sehingga cocok untuk ditanam didaerah kering dengan sedikit hujan. Buah sawo berbentuk bulat atau oval, dengan ukuran sekitar 10 cm, dan berat sekitar 150g. Setiap pohon yang berbuah sanggup menghasilkan sebanyak 2000 buah/musim.


Buah sawo berwarna coklat pada permukaan kulit serta daging buahnya. Saat masih mentah, buah sawo berwarna putih dengan getah lengket yang disebut dengan saponin. Getah ini secara bertahap akan menghilang ketika buah masak, dan dagingnya berubah warna menjadi coklat. Buah sawo memiliki tekstur halus atau kasar dan rasa yang manis. Didalamnya terdapat biji hitam cembung dan mengkilap.



Kandungan Gizi Buah Sawo 


Sawo mengandung kalori tinggi. 100g buah sawo matang menyediakan 83 kalori. Selain itu, sawo juga kaya akan serat (5,6 g/100g), sehingga buah sawo juga bermanfaat untuk pencahar. Kandungan serat akan membantu untuk meringankan sembelit, serta membantu melindungi selaput lendir usus besar dari kanker karena dapat mengikat racun dan mengeluarkannya bersama feses.


Buah sawo kaya akan antioksidan polifenolik dan senyawa tanin. Tanin adalah keluarga polifenol kompleks yang terjadi secara alamiah, yang dapat menetralisir asam oleh pencetus protein. Studi telah menemukan bahwa tanin terbukti memiliki potensi efek antiinflamasi (anti radang), antivirus, antibakteri, dan antiparasit. Oleh karena itu, senyawa ini banyak diaplikasikan untuk obat anti diare, hemostatik (menghentikan perdarahan) dan sebagai obat untuk wasir. Selain itu, efek antiinflamasi tanin juga dapat membantu kondisi seperti gastritis erosif (peradangan pada dinding lambung), refluks esofagitis (radang kerongkongan / masuknya kembali makanan yang sudah berada dalam perut, ke dalam kerongkongan bagian bawah), enteritis (peradangan pada usus halus), dan gangguan usus. 


Sawo mengandung vitamin antioksidan yang baik, seperti vitamin C (24,5% dari asupan harian yang direkomendasikan per 100g buah) dan vitamin A. Vitamin A penting untuk kesehatan penglihatan, serta diperlukan untuk menjaga selaput lendir dan kulit agar sehat. Mengonsumsi buah-buahan alami yang kaya akan vitamin A telah diketahui dapat melindungi  dari kanker paru-paru dan kanker rongga mulut. Begitu juga, mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C akan membantu untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan radikal bebas berbahaya. Sawo sumber vitamin dan mineral penting. Sawo matang merupakan sumber mineral penting seperti kalium, tembaga, besi dan vitamin seperti folat(Vitamin B9), niasin (Vitamin B3) dan asam pantotenat (Vitamin B5). Senyawa ini sangat penting untuk menunjang kesehatan agar optimal, karena sangat diperlukan dalam berbagai macam proses metabolisme dalam tubuh sebagai kofaktor (molekul pembantu) untuk enzim. 



Manfaat makan Sawo bagi Kesehatan



1. Membantu pembentukan sel darah merah

Buah sawo memiliki kandungan zat besi yang berguna untuk membantu tubuh dalam memproduksi sel darah merah. Kekurangan darah merah dapat menyebabkan penyakit anemia yang membuat tubuh mudah lemas dan pusing. Mengonsumsi makanan dengan kandungan zat besi juga disarankan bagi ibu hamil supaya terhindar dari anemia yang berbahaya.


2. Menjaga kesehatan tulang

Sawo memiliki kandungan kalsium dan fosfor yang baik untuk kesehatan tulang. Mengonsumsi makanan dengan banyak kandungan kalsium dan fosfor bagus dalam menjaga tulang kita hingga tua nanti. 


3. Mengatasi radang mulut

Untuk mengatasi radang mulut dapat dengan mencincang sawo lalu rebus selama 10 menit dengan 2 gelas air bersih. Gunakan air rebusan dari sawo tersebut untuk berkumur.


4. Sebagai obat diare

Cara menggunakan sawo sebagai obat diare adalah dengan menggunakan 15 tetes getah sawo yang masih muda. Seduh dengan setengah gelas air panas. Minum setelah airnya hangat atau dingin. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan sawo sebagai obat diare dengan cara mencuci sawo hingga bersih lalu parut dan peras. Lalu campurkan air perasan tersebut dengan air matang dan minum 2 kali sehari.


5. Bagus untuk kesehatan mata

Sawo mengandung banyak vitamin A yang bagus untuk kesehatan mata. Menjadikan sawo sebagai buah favorit merupakan pilihan tepat untuk menjaga mata anda tetap sehat dan terhindar dari gangguan mata.


6. Bagus untuk pertumbuhan

Sawo mengandung protein yang bagus untuk pertumbuhan anak.


7. Mencegah kanker usus

Buah sawo mengandung serat yang cukup tinggi. Serat merupakan nutrisi yang bagus untuk melancarkan pencernaan. Kandungan serat di dalam sawo juga membantu mengatasi sembelit sekaligus mencegah terjadinya kanker usus.


8. Mengatasi sariawan

Buah sawo mengandung banyak vitamin yang berguna dalam mengatasi radikal bebas penyebab penyakit dimana salah satunya sariawan. Untuk mencegah datangnya sariawan, jagalah kesehatan mulut denganrutin menggosok gigi 2 - 3 kali sehari. Selain itu, perbanyak konsumsi vitamin C agar sistem kekebalan tubuh meningkat.


9. Mencegah terjadinya penuaan dini

Vitamin E yang terdapat dalam sawo juga bagus untuk menghindari penuaan dini atau terjadinya keriput pada kulit terutama pada wajah.


10. Untuk mengobati disentri

Untuk mengobati disentri, gunakan sawo yang masih muda lalu haluskan dan campur menggunakan garam secukupnya. Minum 2 kali sehari. Lakukan hingga sakitnya berkurang.


11. Menjaga kecantikan kulit

Sawo mengandung vitamin E yang bagus untuk kesehatan kulit. Banyak mengonsumsi makanan mengandung vitamin E membuat kulit kita tetap lembab dan tampak lebih bersih.


12. Mencegah terjadinya infeksi

Sawo memiliki kandungan vitamin A dan C yang cukup tinggi. Vitamin A berperan dalam menyehatkan kulit dan vitamin C memiliki berperan dalam melawan jenis penyakit yang berbahaya serta mencegah adanya infeksi.


13. Melancarkan  sistem pencernaan

Sawo memilki kandungan inflamasi yang bagus untuk melancarkan pencernaan di usus. Selain itu sawo juga mengandung serat yang bagus untuk pencernaan tubuh. Pencernaan yang baik menghindarkan kamu dari susah BAB dan gejala sembelit.


14. Bagus untuk kesehatan gigi

Buah sawo bagus untuk kesehatan tulang serta gigi. Buah yang satu ini memiliki kandungan berupa fosfor dan kalsium yang bagus untuk menjaga kesehatan tulang maupun gigi. Tulang yang kuat dan sehat menghindarkan kamu dari pengeroposan tulang atau osteoporosis.


15. Mengatasi radang mulut

Bukan hanya buahnya, namun daun dari pohon sawo juga dapat dijadikan sebagai obat salah satunya adalah untuk mengatasi radang mulut. Caranya dengan mencuci bersih daun sawo lalu rebus selama 10 menit. Gunakan rebusan dari daun sawo untuk berkumur.

16. Meningkatkan kekebalan tubuh ibu hamil

Vitamin C di dalam buah sawo dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil supaya tidak mudah sakit. Selain itu, buah sawo juga bagus untuk mengatasi gangguan pencernaan seperti halnya sembelit yang banyak dialami oleh ibu hamil. Konsumsi secukupnya supaya nutrisi dan vitamin bisa dengan sempurna terserap oleh tubuh.


17. Mengatasi mual dan muntah pada ibu hamil

Kebaikan sawo dapat pula kita temukan dalam kandungan manfaat vitamin B nya yang bagus dalam mengurangi dampak morning sickness pada kehamilan. Konsumsi buah sawo secukupnya dan hindari pengonsumsian yang berlebihan supaya aman bagi ibu dan janin.


18. Mengandung karbohidrat

Buah sawo juga mengandung manfaat karbohidrat yang berperan sebagai penambah energi terutama untuk kebutuhan beraktivitas sehari-hari.


19. Obat untuk pendarahan

Sawo memiliki kandungan kalium yang mampu menghentikan pendarahan pada bagian tubuh yang terluka.


20.  Sebagai Sumber Energi

Dengan banyaknya kalori atau karbohidrat yang terdapat dalam sawo, maka buah tersebut sangat cocok sebagai sumber energi. Memakan beberapa buah tersebut bisa membuat perut terasa kenyang dan aktivitas pun tidak akan terganggu.


Jenis Sawo di Indonesia


Ada beberapa jenis varian sawo yang cukup terkenal di Indonesia seperti :
  • Sawo duren : memiliki bentuk bulat telur dengan kulit tebal dan banyak mengandung lateks. Sawo duren merupakan jenis sawo yang tidak dapat dimakan.

Gambar terkait



  • Sawo mentega : buah sawo jenis mentega memiliki bentuk bulat seperti telur terbalik dan memanjang dengan warna hijau mengkilap. Buah sawo yang satu ini memiliki rasa yang manis.
Hasil gambar untuk sawo mentega

  • Sawo manila : sawo manila memiliki bentuk lonjong dan daging buah yang cukup tebal. Sawo manila memiliki banyak kandungan air dan populer di Asia Tenggara.Hasil gambar untuk sawo manila



Cara Memilih dan Menyimpan Buah Sawo

Buah sawo yang sudah matang biasanya dipanen dengan cara dipetik langsung dari pohon. Namun sulit untuk mengatakan kapan sawo sudah siap untuk panen. Buah sawo yang matang akan berwarna coklat dan batang buah yang dipotong sudah tak mengeluarkan getah.


Jika membeli sawo di toko, pilih yang kulitnya utuh mulus dan tanpa goresan/retak/ memar/kerutan. Buah sawo yang sudah tua namun mentah harus disimpan pada suhu kamar selama 7 - 10 hari agar matang. Sawo matang bisa bertahan selama beberapa hari di kulkas rumah, bisa hingga enam minggu. 



Cara Memakan Buah Sawo 


Buah sawo lebih enak dimakan begitu saja ketika sudah matang, atau tanpa tambahan apapun. Pilihan cara makan buah sawo versi mama Haisa adalah sebagai berikut:






  • Makan sawo langsung berserta kulit buahnya. Tentunya dicuci bersih terlebih dahulu. Karena memakan buah sawo tanpa dikupas dapat membantu mengatur fungsi sistem pencernaan.








  • Makan sawo dengan cara membelah menjadi dua bagian yang sama, kemudian gunakan sendok untuk mengambil daging dan buang bijinya. 







  • Makan buah sawo dengan menekan buah menggunakan kedua tangan agar sawo terbelah menjadi dua, dan membelahnya lg menjadi bagian lebih kecil mengikuti alur dari buah sawo itu sendiri.
  • Ilustrasi ini terlalu lebay karena buah sawo yang masak akan 
    terasa lembut jika ditekan dengan jempol saja ðŸ˜…


Perlu diketahui bahwa ulasan mengenai manfaat buah sawo di atas hanya bertujuan untuk mengajak moms semua lebih sadar akan potensi alam. Karena ternyata dengan harga buah sawo yang terbilang murah kita bisa dapatkan banyak manfaat untuk kesehatan keluarga. Ulasan manfaat di atas tidak bertujuan untuk mengesampingkan pendapat dan obat dokter ya moms. Jika moms memiliki gejala yang serius, sebaiknya konsultasilah dengan dokter.

Dan mengenai pilihan cara memakan buah sawo diatas tidak perlu moms pikirkan *pede banget gueh, siapa juga yang mau mikirin*  😆
Atau moms punya cara unik memakan buah sawo? Adakah moms yang pernah coba buah sawo untuk dijadikan jus? bisa di share moms ya moms😊


4 komentar:

  1. AJO_QQ poker
    kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
    Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
    di sini kami menyediakan 7 permainan dalam 1 aplikasi
    - play aduQ
    - bandar poker
    - play bandarQ
    - capsa sunsun
    - play domino
    - play poker
    - sakong
    di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
    Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
    withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
    menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
    Permanent (acak) |
    Whatshapp : +855969190856

    BalasHapus

  2. judi online yang berkedudukan International, sungguh dan terpercaya hanya disitus judi poker online dengan deposit pulsa

    BalasHapus
  3. Kami sudah terlanjur beli sawo durian yang di jual di supermarket, kami belah terdapat getah.
    Pertanyaannya kalau tidak dapat di makan kenapa di jual?

    Https://www.megazio.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sawo ada yang jual mentah dan siap konsumsi mbak jika masih ada getah kemungkinan belum matang . Emng sekarang penjual tidak mau ambil resiko kalau kulak Mateng daya tahan buah tidak lama .
      Jd mbaknya sabar kalo pingin makan sawo

      Hapus

Alasan Porsi Nasi Padang Lebih Banyak Saat Dibungkus

Siapa suka makan nasi Padang? si kolesterol yang lezat. Yes, hidangan rendang khas Minang nya selalu masuk dalam daftar kuliner terleza...