Kamis, 18 Januari 2018

Cerita Persalinan Normalku

Dua minggu sebelum HPL (Hari Perkiraan Lahir) aku sudah ambil cuti melahirkan. Dan setiap hari sebelum suamiku berangkat ke kantor, dia selalu menemaniku jalan pagi di komplek seberang (maklum lah karena rumahku memang bukan didalam komplek makanya jalan paginya harus nyebrang) πŸ˜„


Selain jalan pagi, aku melakukan gerakan-gerakan untuk membantu memperlancar proses persalinan seperti:
Pose Jongkok, yang dimulai dengan posisi punggung lurus (berdiri) dan secara perlahan menurunkan badan sampai posisi jongkok, tahan posisi jongkok hingga 10 detik dan kembali ke posisi berdiri. Ulangi gerakan Senam Jongkok beberapa kali sehari dengan tujuan memperkuat otot paha dan perenggangan otot panggul sehingga lebih memudahkan persalinan.
                                                            Pose Jongkok

Miringkan panggul dapat meningkatkan kekuatan otot perut dan meredakan sakit pinggang terutama pada usia kehamilan trimester ketiga. Gerakan ini dimulai dengan posisi merangkak dengan kepala sejajar punggung. Selanjutnya tengadah kepala ke atas sambil menarik nafas dan melepas nafas. Lakukan dengan santai dengan diulang beberapa kali sehari.

                                                    Pose Miringkan panggul

Pose Tailor atau disebut pose kupu-kupu dalam yoga adalah gerakan dengan duduk di lantai dan punggung lurus. Kedua telapak kaki saling menyentuh rapat dan dorong lutut ke arah bawah hingga menyentuh lantai. Lakukan gerakan ini 10-20 detik dan ulangi beberapa kali sehari, untuk melatih otot paha menghilangkan stres punggung bawah. 
                                                             Pose Tailor


Biasanya aku melakukan gerakan-gerakan diatas saat ngobrol bareng suami sebelum tidur. Tapi kalau pose tailor sih aku juga sering lakukan sambil nonton TV, jadi senam dapet hiburan (nonton TV) nya juga dapet 😊

Selama dua minggu dirumah, aku langsung bete, mungkin karena terbiasa sibuk dikantor yg kerja kaya kuda tiba-tiba dirumah cuma nonton, main hape, jadi boring deh.

Jadi Sabtu malem, tgl 11 Juli 2015 aku minta jajan diluar saking betenya, dan waktu nyari-nyari tempat makan di sekitar Ciputat (tempat tinggal aku) akhirnya dapet-dapet di daerah Blok M hahhaha nyasarnya kejauhan. Waktu itu aku milih Soerabi Teras di Radio Dalem (sekarang udah tutup deh) nah aku pesen soerabi dengan topping nangka dan suamiaku topping durian (aku yg milihin sih) hahaha modus emak hamil biasa dan pak suami cuma makan separuh terus sisanya dikasih ke aku, aku sih dengan senang hati menerima sisaan dia hahaha karena prinsip aku dan suami makan apa aja boleh (duren, nangka, nanas - yang katanya gak boleh dimakan bumil) asal jangan berlebihan karena segala sesuatu yang belebihan itu gak baik, jadi kalau cuma sepotong dua potong mah gak masalah 😁 Seriusan selama aku hamil ini aku pernah makan duren, ngerujak juga aku makan nanas, ya tau diri aja lah, gak sampe rakus juga makannya, asal icip aja, yang penting ilang penasaran, alhamdulillah gak apa-apa kok sama kandungan aku, dan aku juga udah ijin dokter lho, jadi tetep di konsultasikan dulu ya say.

Oke, balik lagi ke soerabi yg setelah habis kita langsung pulang kerumah dan langsung dong di introgasi ayah (mertua) 'dari mana' terus kena omel deh 'nekat baget sih, bukannya diem aja dirumah', bla bla bla' hahaha maaf yaa mantu mu ini yah πŸ™

Keesokan harinya, seperti biasa aku jalan pagi tapi kali ini gak tau kenapa pak suami pengen banget ngajak aku keliling lebih jauh dari rute biasa nya, tiga kali lipat mugkin perbedaan jaraknya dan ini cape banget lho rasanya gak sampe-sampe kerumah, mana jalannya ke tempat yang gak dilalui kendaraan jadi mau gak mau ya jalan kaki 😫 Entah udah berapa kali aku berhenti istirahat karena cape. Setiap aku ngerasa perutku keram atau baby ku gerak-gerak kenceng aku pasti berhenti untuk ngerasain gejolak diperut yang sampai sekarang aku gak bisa deskripsi'innya (dan aku baru tau setelah melahiran kalau ini yang disebut kontraksi) hahaha dodol banget gak sih gueh πŸ˜…

Setelah perjuangan yang melelahkan, akhirnya sampai juga dirumah dan suami seperti ngerasa bersalah gitu karena udah ngajak aku jalan amat sangat jauh sekali. Sampai dirumah, yang biasanya aku langsung mandi, ini aku rebahan dan langsung pules dong saking capenya hahaha.

Sekitar jam 10 pagi, pas aku mau mandi, aku pipis tapi ini yang keluar bukan pipis karena kalau pipis kan kita bisa tahan ya (yang udah melahirkan pasti tau maksud aku), sedangkan ini cairan terus ngalir jadi aku ambil kesimpulan kalau cairan ini adalah air ketuban yang pecah, tanpa mikir lama aku langsung teriak manggil suami aku dan bilang kalau ketuban aku pecah. Kemudian suami aku ngambilin pembalut buat aku dan telp bidan untuk menceritakan kondisi aku ini, waktu itu mama dan ayah (mertua) lagi keluar jadi suamiku bener-bener praktek langsung jadi suami siaga sendiri tanpa campur tangan orang tua 😘 Setelah itu aku pergi ke rumah bersalin naik motor, beruntung karena lokasi rumah bersalin terbilang dekat dari rumah ku (tapi kalo jalan kaki mah berasa capenya hihihi).

Sesampai di rumah bersalin, aku langsung dibawa ke ruang bersalin dan dicek bukaan, jeng jeng Ibu bidan bilang baru pembukaan satu tapi ini udah parah karena ketuban udah pecah, dan berwarna agak keruh dan jelas itu gak bagus karena dikhawatirkan agak membahayakan nyawa ibu dan bayi. Setelah aku selesai mengganti pembalut karena selain air ketuban yang terus mengalir, ada juga darah yang keluar cukup banyak, aku diminta untuk tidur diruang rawat dan gak boleh pulang karena hari ini mau gak mau harus melahirkan karena kondisi ketuban yang terus rembes.

Suami langsung menelpon mama memberitahu kondisiku dan aku sudah masuk rumah bersalin. Dan kemudian menyebarlah info itu ke seluruh keluarga. Mereka semua khawatir mendengar berita tentang ketuban pecah dan berwarna keruh tapi tetap mendoakan supaya semua baik-baik saja. Kemudian suami minta ijin pulang kerumah untuk mengambil barang bawaan yang perlu dibawa saat melahirkan, karena emang kami datang ya cuma bawa diri doang. Aku cuma pesen suamiku untuk bawa headset dari rumah dan memindahkan semua file murottal ke hp untuk aku dengarkan selama menunggu proses melahirkan. Sambil menunggu suami, aku masih bisa update status dan chating dengan temen-temen dan sahabat yang terus ngasih aku semangat tentunya.

Suami datang tepat disaat ibu bidan sedang memeriksa kondisi aku. Ibu bidan menanyakan ke aku udah kontraksi belum? aku bilang belum dan kemudian Ibu bidan senior datang dan bilang kalau Dokter yang selama ini nanganin aku baru bisa datang jam 7 malam dan kalo sampai jam 7 malam itu pembukaan aku belum lengkap, aku akan di rujuk ke RS untuk di caesar. Lalu ibu bidan keluar ruangan, suamiku langsung ngomong ke perut, 'jangan malem-malem ya dek keluarnya, abis ashar aja ya', terus aku bilang 'jangan dek, siang ini aja ya dek' dan disambut dengan gerakan dasyat dari baby. 

Waktu itu masih jam 11, aku masih bercanda-canda sama suami, sambil tetep murottalnya aku setel pakai headset dan aku tempelin ke perut. Masuk sekitar jam 12 siang, perut ini bergejolak luar biasa karena baby gerak-gerak kenceng dan itu sakit, sampai-sampai aku gak bisa makan karena sakitnya (padahal menu makan siangnya enak banget lho) tapi tetep lebih nikmat rasa diperut kala itu. Gerakan yang terus datang dengan ritme teratur dan saat bidan senior datang dan membuat gerakan diperut kemudian bilang 'ini lagi kontraksi' 'gak apa-apa'. 

Sekitar jam 2 siang aku manggil bidan, karena perut aku sakit banget kemudian aku dibawa keruang bersalin buat di cek bukaan, ternyata udah bukaan lengkap padahal jam 10an masih pembukaan satu, disitu ibu bidannya bingung πŸ˜„dan harusnya aku ganti baju baju dulu, tp baby lebih mendesak daripada harus ganti baju hahaha. 

Ada tiga bidan yang nanganin proses melahirkan aku. Satu di samping aku mengapit satu kaki ku yang menekuk, dua bidan lagi dibagian depan goa (you know what i mean) 😁 Saat itu selain suami, ada juga mama dan tante, tapi yang menemani aku dalam ruang persalinan adalah mama. Suami waktu itu keluar masuk mulu, sambil megang kamera dengan niatan mau videoin aku tapi dengan isyarat aku bilang gak mau karena aku mikir suami aku kan takut sama yang berbau rumah sakit apalagi ini ada bayi keluar berdarah-darah dan gimana juga jeleknya muka aku saat  ngeden divideoin hahhaha masih sempet mikirin mukaπŸ˜… Nah karena keluar masuknya suami, doi langsung dimarahin bidan dong 'jangan keluar masuk pak, ini jadi bayinya juga keluar masuk mulu'. Gak tau sih ini termasuk mitos atau bukan tapi emang pas suami keluar masuk ya pala baby juga keluar masuk. Ehm, mungkin karena pas banget sama aku yang lagi kasih intruksi suami supaya gak videoin aku kali yak jadi aku gak fokus ngeden nya hahahha. Oh iya pas ngeden, aku sempet sambil merem dan itu di omelin bidan 'hayo melek ngedennya, jangan merem!'. Padahal nih yah, aku tuh semasa hamil udah nyari tau semua tentang tata cara melahirkan yang baik dan benar, cara ngeden dan sebagainya tapi ternyata pas prakteknya nihil hahaha. Aku ingetin yah buat kamu yg mau melahirkan, ikuti intruksi dari bidan atau dokter yang menangani kamu, dan ingat jangan ngeden sambil merem karena itu akan membuat pembuluh mata pecah. Selamat mempraktekan sayang, semangat 😘

14.55 my baby lahir, yeay lega rasanya tapi sayang aku gak bisa IMD (Inisiasi Menyusui Dini) karena kondisi baju aku yg berkancing tiga doang jadi gak bisa full ke dada huhuhu nyesel gak pake baju full kancing. Pelajaran banget nih buat kamu yang mau masuk proses persalinan, prepare pake baju full kancing deh dari rumah buat jaga-jaga aja biar gak nyesel kaya aku πŸ˜”

Setelah Haisa dibersihkan (sekitar 30 menit) plasenta dikeluarkan, yang ini lebih smooth keluarnya dan setelah itu aku dijahit luar dalam (obras kata orang-orang mah) karena agak susah keluar kepala babynya  (yang keluar masuk karena suami juga keluar masuk itu lho) jadi diguntinglah jalan keluar si baby. Pas di gunting mah gak sakit, beneran gak sakit deh atau mungkin karena rasa semangat ngeden supaya cepet keluar atau apa gitu jadi gak berasa sakitnya. Ada 6 jahitan dan itu sakit, sakit banget, aku ngeliat proses jaitnya dari pantulan dinding keramik dan jarumnya bengkok gede, serem. Gak usah aku kasih gambarnya yak , gak usah dibayangin juga hehe 😝

Foto Iss Tea.
                   Foto terakhir sebelum melahirkan

Foto Iss Tea.
     Foto terakhir sebelum melahirkan - belum pada mandi


Intinya, aku amat sangat bersyukur karena Allah sudah mengabulkan doa yang setiap hari aku panjatkan untuk bisa lahiran secara normal, cepat dan mudah. Dan beruntungnya baby dalam perut pun sangat-sangat membantu sekali. Jadi point penting menurut
 aku saat hamil adalah benar-benar ajak baby kita bicara sesering mungkin, cerita apa pun yang kita rasa, apa yang kita mau, jadikan ia teman curhat tapi tentunya cerita yang positif ya, karena apa yang terjadi adalah buah dari pemikiran kita sendiri.

Setelah selesai proses melahirkan, aku dipindahkan ke kamar rawat, yang sudah berisikan dua mahmud dengan proses kelahiran caesar. Disini ibu bidan yang masih muda nanya lagi ke aku 'emang tadi gak ngerasain kontrasi mba?' awal ngecek masih pembukaan satu, tau-tau udah lengkap aja' dan aku dengan polos jawab 'engga' hahhaha
Oh iya, aku akan cerita rungsingnya aku setelah melahirkan saat dikamar rawat beserta dua mahmud dan keluarganya. Nantikan yaa 😲

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Alasan Porsi Nasi Padang Lebih Banyak Saat Dibungkus

Siapa suka makan nasi Padang? si kolesterol yang lezat. Yes, hidangan rendang khas Minang nya selalu masuk dalam daftar kuliner terleza...