Rabu, 24 Januari 2018

Cintaku Bersemi di Busway

Aku Lala, mahasiswi angkatan 2007 disalah satu universitas di Jakarta Selatan, yang tinggal di Tangerang. Cukup jauh untuk aku bulak balik rumah - kampus setiap hari, dan itu pasti akan sangat melelahkan di fisik ku dan diongkos, jadi dengan ijin orang tua aku ngekost di dekat kampus untuk menghemat biaya, ya karena aku bukan anak dari keluarga kaya. Jadi aku pulang kerumah sebulan sekali, bahkan lebih atau malah hampir setiap minggu tergantung jadwal kegiatanku dikampus dan kondisi keuangan tentunya. Jika stok beras di kost'an hampir habis, ya aku pulang untuk ngambil stok beras dirumah 😄 Aku adalah pengguna setia transjakarta (busway), jadi dari rumah biasanya aku naik angkot ke terminal Kalideres kemudian naik busway sampai ke terminal Blok M, untuk selanjutnya naik kopaja sampai ke kampus. Dan karena sering nya menaiki mode transportasi busway ini, aku jadi sering bertemu dengan banyak karakter manusia; yang lucu, ngeselin, saiko, aneh, menyenangkan, copet, atau bahkan jatuh cinta. Ya, seperti kisah cintaku berikut ini, 'cinta bersemi di busway' 😘

Sore itu aku sudah antri di halte busway Blok M, disana sudah ramai orang memenuhi halte tapi busway belum ada yang datang. Keadaan mulai memanas manakala busway yang kami tunggu-tunggu hanya berlalu tanpa menaikan kami yang sudah sedari tadi menunggu. Ada sekitar tiga busway yang lewat dan benar-benar hanya lewat, sampai-sampai ada mengumpat dan mulai berteriak marah-marah sambil memukul kaca pintu halte dan juga kaca display minuman dingin yang ada di dalam halte. Aku aja udah pegel berdiri, gimana mereka yang emang lebih dulu datang dibanding aku. Lalu tiba-tiba lelaki disampingku berkata 
"kalau bus nya jalan terus berarti dihalte Masjid Agung Al-Azhar juga rame",
dan aku cuma noleh sebentar sambil jawab datar "oh gitu"
Gak lama setelah itu busway datang dan berhenti untuk kami naiki. Dan seperti biasa aku selalu duduk kuris paling pinggir dekat jendela dibagian paling belakang busway. Ini tempat terpewe yang selalu aku pilih saat naik busway, ya karena aku bisa leluasa liat ke sekeliling karena posisi kursinya lebih tinggi, dan kemungkinan diminta berdiri untuk ngasih kursi ke golongan prioritas itu kecil banget hahhaha jadi pas lah ya buat aku yg turunnya dihalte terakhir 😜

Setelah dapet duduk di singgasana teratas didalam busway, aku mengeluarkan buku untuk kembali ku baca karena sempat terhenti saat akan masuk kedalam busway. Tiba-tiba lelaki yang duduk disampingku nanya 'baca buku apa?' aku menoleh sepersekian detik "ini kan cowo yang tadi" pikirku dan kemudian aku membalikkan cover buku yang sedang ku baca kehadapannya lalu kembali membaca sambil tetap mengunyah permen karet (ini gue cool banget aseli) hahhaha kemudian dia tersenyum dan berkata 
"padahal tadi orang-orang gak perlu marah-marah, petugas buswaynya juga pusing ngaturnya kalo disetiap halte penuh gitu"
"iya harusnya gak perlu sampe mukul-mukul ngerusak juga sih" jawabku.
"ya iyalah, semua petugas busway juga pasti koordinasi supaya disetiap halte bisa ngangkut penumpangjelasnya lagi.
"mas nya ini siapa ya? kok kayanya tau banget" tanya ku penasaran.
Lalu bukannya menjawab, ia malah membuka tas dan seperti mencari sesuatu, yang aku liat saat itu adalah dia mengambil tanda pengenal yang masih dalam posisi terbalik, langsung terpesit dipikiranku kalau orang ini adalah polisi karena secara postur ya cocoklah di andai-andai sebagai polisi muda. Lalu ia menunjukan tanda pengenalnya kepadaku.
"Oh petugas busway, pantes" ucapku.
Tapi jujur ya aku hanya liat tulisan kecil transjakarta nya aja mengitari tanda pengenal itu, ada foto dia sih cuma aku gak lihat jelas, bahkan namanya aja aku gak baca hahahha (karena mataku minus tapi aku gak pake kacamata) 😀
Mungkin dirasa aku sudah mulai jinak meresponnya, jadi dia mulai banyak bertanya, tentang aku dari mana, mau kemana, buku bacaan aku, dan ujung-ujungnya sih minta kenalan. Ini basi sih tapi ternyata tetep aku ladenin juga malah aku kasih nomor hp waktu dia minta. Ya lumayan lah yah nambah temen pikir ku, sekalian lupain mantan hehe.. Kami berpisah di halte harmoni, karena aku harus transit ke Kalideres, dan dia harus transit ke Jatinegara.

Malam harinya, dia langsung menelponku, akh gerak cepet banget nih Kak Jojo. Iya, aku manggil dia kakak karena dia lebih tua tiga tahun dariku. Dan Kak Jojo manggil aku adek. Iya, kakak adek ketemu gede 😅 dan ternyata Kak Jojo orangnya lucu, dia humoris ya so far nyambunglah ya ngobrol sama aku. Kita hampir setiap hari telpon'an, sms'an. 

Satu bulan kemudian dia ngajak aku ngedate dong tapi ke Ragunan, dan naik busway -  gratis karena karyawan (gak modal banget yak hahaha) dan aku juga dikasih Jack card gratis 😜 Kak Jojo ngajak aku ke pusat primata, aku gak tau kenapa Kak Jojo milih masuk kesana. Dipusat primata ini kan ada goa nya, nah kita masuk ke dalam goa itu yang kebetulan sedang sepi pengunjung. Pas masuk goa yang cukup gelap buat aku si rabun ayam, Kak Jojo malah ninggalin aku, padahal aku tuh paling gak bisa ditempat gelap sendiri, dan itu asli aku takut banget. Aku jalan pelan-pelan sambil meraba-raba menyusuri goa, lalu tiba-tiba pas aku buka tirai yang ceritanya dari akar pohon, Kak Jojo ngagetin aku. Aku kaget lah, spontan aku kejar dan aku pukul Kak Jojo. 
"ih.. jangan tinggalin Lala sendiri ditempat gelap, Lala takut gelap Kak, takuut!" omel ku sambil menahan air mata karena takut dan sebal  😟
"Oh maaf dek, Kakak gak tau kamu fhobia gelap" jelas Kak Jojo sambil mengusap kepalaku.
"Yaudah yuk jalan lagi, Kakak janji deh gak akan ninggalin kamu" ajaknya sambil menggandeng tanganku.
Aku hanya mengangguk sambil menghapus airmata disudut mataku. 
Setelah itu kami berkeliling dengan santai sambil saling bercerita satu sama lain untuk saling mengenal satu sama lain. Kemudian kita naik rumah pohon yang ada di pinggir danau, dekat dengan area outbound anak. Lagi-lagi Kak Jojo mengerjaiku dengan menggoyangkan jembatan gantung yang sedang ku naiki. Sambil pegangan di tepian jembatan, aku berteriak meminta Kak Jojo untuk berhenti karena aku takut, iya sih Kak Jojo emang langsung berhenti goyangin jembatannya dan langsung nuntun aku, tapi sambil terus ngetawain aku. Rese banget kan 😒


Setelah seharian main di kebun binatang, kita pulang. Karena aku pulangnya ke Tangerang, Kak Jojo anter aku tetep dengan busway gratisan tapi cuma sampai ke halte Pesakih (satu halte sebelum halte akhir Kalideres). Semenjak jalan-jalan di kebun binatang itu kita makin intens komunikasi, dan seminggu kemudian kita jadian 😳 Emang sih cepet banget tp aku ngerasa udah deket banget sama Kak Jojo, begitu juga sebaliknya. Hari berlalu, setiap aku pulang ke rumah, Kak Jojo selalu anter aku walau cuma sampai halte Pesakih. Aku bener-bener ngerasa dilindungi banget sama Kak Jojo, kaya waktu lagi antri di halte harmoni, mau naik busway arah Kalideres, itu kan padet parah dan kebanyakan laki-laki, Ka Jojo tuh bener-bener kaya portal yang ngasih aku ruang untuk bisa gerak, dan waktu masuk ke busway yang notabennya pasti dorong-dorongan, Ka Jojo malah jadiin badannya untuk menghalau dorongan orang-orang yang mau masuk busway, dan karena pas masuk busway juga udah gak dapet ruang lagi di dalam jadi posisi aku pas banget di senderan deket pintu busway, Ka Jojo tuh ngelindungi aku dari orang-orang dengan berdiri menghadap aku dengan posisi tangan di renggangin diatas pundak aku, deket banget, dan aku langsung deg-deg'an. Aku cuma bisa nunduk, gak berani natap muka Ka Jojo, apalagi mandang matanya. Menurutku matanya itu tajem, aku beneran gak berani natap matanya lansung. 

Kami pacaran dan busway selalu jadi alat transportasi kami, jadi kalau jalan-jalan pun, Kak Jojo selalu ngajak ketempat yang ada halte busway nya, jadi bener-bener gak modal ongkos 😄 Kalau libur kerja, Kak Jojo selalu nyempetin waktu buat mampir ke kampus dan jemput aku buat pergi main. Pernah suatu ketika tiba-tiba Kak Jojo udah ada di halte bus depan kampus aku tempat aku biasa lewat kalau mau pulang ke kosan, ceritanya mau coba ngasih supprise gitu. Akh so sweet banget deh. Kita pergi naik motor, karena agak ribet jadi Kak Jojo minta aku untuk pegangin hp nya, hp nokia jadul (aku lupa tipe hp nya apa) pokonya di settingan hp nya tuh tertulis nama aku. Pas aku konfirmasi sih katanya itu bukti kalau dia serius sama aku. Gak ada rasa ge'er sama sekali, tersanjung atau apalah, ya masa keseriusan cinta dibuktiin pake tema hp! Sering Kak Jojo datang ke kampus tapi gak pernah main ke kosan, paling cuma anter aku sampe depan kosan, alasannya sibuk, ada janji lagi, ada kerjaanlah. Dan setiap ketemu, Kak Jojo tuh selalu pake hp yg berbeda. Pernah waktu itu dia pakai hp nokia tapi yang udah ada kameranya.
"itu hp siapa, kok wallpapernya cewek?" tanyaku penasaran.
"ini punya keponakan, Kakak pinjem hp nya, soalnya hp Kakak rusak" jelas Kak Jojo.
"Oh" jawab ku percaya (polos banget yak gue) 😅


"Kakak kenapa sih gak mau main ke rumah?" tanyaku.
"Menurut Kakak pamali dek, nanti kalau udah enam bulan pacaran pasti Kakak kerumah" jelas Kak Jojo.
Padahal dulu Kak Jojo pernah ngomong, sejauh apapun rumahku, dia bakalan datengin, bahkan sampai shiratal mustaqim pun bakal di lewatin, maksud shiratal mustaqim adalah sebuah garis yang lebih lembut dari sehelai rambut dan lebih tajam lagi daripada pedang. Dan faktanya malah aku yang kerumah Kak Jojo duluan dan itu belum enam bulan pacaran. Kak Jojo mah nganter pulang aja gak mau keluar halte busway, udah mentok nganter sampai halte Pesakih 😔

Suatu ketika, aku pernah ke Halte busway Senen tempat Kak Jojo kerja sebagai petugas tiketing busway, dan aku bener-bener disitu ngeliatin Kak Jojo kerja. Gak lama sih karena emang aku kesana di ujung jam kerja Kak Jojo, dan setelah itu Kak Jojo nemenin aku ke Kwitang karena aku dapet tugas dan perlu buku yang udah susah dicari di toko buku di mall. You know lah persimpangan Senen itu semerawutnya kaya apa, aku yang nyebrang jalan dua lajur aja tuh gak bisa, pasti aku bela-belain cari JPO deh daripada harus nyebrangin jalan. Kalaupun gak ada JPO, aku pasti nunggu jalanan sampe bener-bener kosong kendaraan tapi kan itu gak mungkin ya, jadi kadang aku suka ngintilin orang yang mau nyebrang juga 😜 Nah, entah karena Kak Jojo tau aku gak bisa nyebrang atau emang modusan dia, pas mau nyebrang simpangan Senen itu Kak Jojo langsung gandeng tangan aku. Akh bantuan so sweet dari sang pacar kala itu 😊

Berkelilinglah kita mencari buku dan kemudian mampir mesjid di sebrang halte busway Kwitang untuk sholat. Setelah dapet buku, Kak Jojo ngajak aku main kerumahnya, katanya "mumpung kamu disini, gak terlalu jauh kok dari sini".
"ok" jawabku.
Aku dibonceng motor sama Kak Jojo, tiba-tiba dijalan Kak Jojo minta dipeluk.
"dek, pegangan yang kenceng dong. Kakak mau ngebut nih" sambil merapatkan tanganku melingkari perutnya.
Aku manut aja waktu itu.
"Badan kamu anget dek" ucap Kak Jojo.
Dan aku menikmati perjalanan itu, kaya adegan di sinetron-sinetron itu lho 😄

Gak lama kita sampe deh dirumah Kak Jojo, mungkin karena udah malem kali ya jalanan gak crowded banget. Karena dirumah Kak Jojo lagi ada tamu, jadi aku diajak kerumah neneknya yang kebetulan bersebelahan dengan rumah Kak Jojo. Rumahnya kecil dan kosong karena nenek Kak Jojo lagi ikut ngobrol sama tamu di rumah Kak Jojo. Aku juga sempet ditinggal sendiri disitu, tapi gak lama Kak Jojo datang bawain aku minum dan burger. Yaudah deh aku makan sambil ngbrol. Dan saat aku gigit burgernya, si tomat yang dipotong pipih itu menjuntai keluar mulut aku karena gak kegigit sempurna olehku, dan Kak Jojo gak sia-sia'in peluang ini.
"bentar dek" sambil mengambil tomat yang menjuntai dibibirku dengan bibirnya.
Aku melongo, aku diem, aku bingung, beneran cepet banget kejadiannya, dan itu first kiss aku 🙀 first kiss rasa saus tomat 😊 adegan ini sebentar kok, Kak Jojo cuma ambil sisa tomat dimulut aku aja dan gak lama kemudian nenek Kak Jojo juga datang 🙊

Aku juga pernah diajak Kak Jojo kerumahnya pas acara agustusan, jadi aku diminta dateng kerumahnya sendiri, Kak Jojo gak bisa jemput aku karena katanya sibuk dan oon nya aku mau aja lagi. Udah mah gak tau jalan, hp lawbat, dan Kak Jojo juga gak bisa dihubungin, jadilah aku ngandelin Riri, sahabatku yang juga tinggal satu kosan denganku. Aku minta tolong telponin Kak Jojo karena hp aku lawbat dan minta untuk dijemput dihalte busway Jatinegara, karena aku udah gak tau lagi harus kemana. Dan dipuncak bete dan panik karena Kak Jojo belum ada respon sementara hp aku udah sekarat, akhirnya Kak Jojo datang, itu pun telat setelah aku jalan kaki bulak balik cari alamat. Eh terus aku disogok pake es krim doang, dan mau aja lagi 😕

Dirumahnya yang ada di belakang rusun gak jauh dari Pasar Jatinegara, memang sedang sibuk-sibuknya mempersiapkan acara peringatan hari kemerdekaan RI, dan Kak Jojo ini jadi salah satu panitianya. Aku dikenalin sama ibunya Kak Jojo, tapi cuma sebagai temen, ya gitu deh alesannya pamali buat enam bulan jadian. Terus tiba-tiba Kak Jojo bilang
"dek, pegangin hp Kakak yak, tapi jangan dibuka-buka ya sayang karena kan hp itu privasipinta Kak Jojo.
Kemudian dia naik ke panggung untuk nyanyi. Nyanyi lagunya d'masiv yang cinta ini membunuhku, dan itu lagu diperuntukan buat aku. Gak cocok banget kan ngasih lagu begituan ke pacar. 
"iya" jawabku.
Tapi dalam hati aku bilang peraturan itu ada untuk dilanggar, Kak Jojo minta aku untuk gak buka-buka hp nya karena privasi, itu malah seperti nyuruh aku untuk buka-buka dan cari tau apa yang dimaksud dengan privasinya ke pacar sendiri.

Inilah asal mula aku gak suka sama lagu itu. Maaf kan aku ya Mas Rian d'masiv 🙏 karena lagu cinta ini membunuhku menjadi backsound saat aku memergoki sms-sms mesra Kak Jojo dengan Mirayang yang entah siapa itu, semua isi pesan terkirim untuknya sama dengan pesan yang dikirim untukku. Bedanya Kak Jojo dan aku Kakak adek, dengan si Mirayang ini aa eneng. Tanpa pikir panjang, aku save nomornya Mirayang ini. Buat jaga-jaga. Dan selepas Kak Jojo nyanyi, dia ajak aku kerumah buat makan, pas saat si Mirayang itu telpon. Tapi gak diangkat sama Kak Jojo. Katanya biarin aja, paling masalah kerjaan. Karena merasa dapat momen yang pas, langsung aja sekalian aku cecar dengan semua penemuanku.
"Yakin Mirayang ini cuma temen kerja?" tanyaku.
"Iya dek beneran" jelas Kak Jojo.
"Tapi kok di hp Kakak isinya mesra gitu sih?" cecarku.
"Kamu buka hp Kakak? Kan Kakak udah bilang jangan buka-buka. Itu privasi!" jawab Ka Jojo dengan nada sedikit tinggi.
"Ya lagian Kakak nyuruh jangan buka-buka, buat aku sih itu malah kaya perintah buat nyari tau apa yang gak boleh dibuka-buka, ketauan kan!"
"Iya ok, Mirayang ini temen kerja Kakak, dia ngejar-ngejar Kakak terus"
"Yakin?!" tanyaku tak percaya.
"Iya. Kalau kamu gak percaya, kamu angkat aja telponnya" yang memang dari tadi masih terus mencoba menghubungi.

"Yaudah coba angkat" pintaku.
"Hallo" jawab Kak Jojo di telp.
Aku gak bisa denger sih si Mirayang itu ngomong apa.
"ini siapa ya? Kak Jojo lagi sama pacarnya lho" teriakku dibalik hp yang dipegang Kak Jojo. Aku gak berhenti ngoceh sampai tlp nya dimatiin hahahaha terus malah jadi Kak Jojo yang marah, padahal kan aku yang harusnya marah dan ngamuk. Akhirnya aku minta pulang, Ka Jojo cuma nganter aku sampai naik busway doang. Akh, harusnya aku bawa hp nya karena kan pasti Kak Jojo bakal klarifikasi ke si Mirayang itu. Heu 😠

Pas bulan puasa, Kak Jojo jemput aku buat buka puasa diluar tapi sayangnya Kak Jojo gak puasa, malah enak-enakan ngerokok depan aku. Point minus lagi nih buat Kak Jojo karena aku gak suka orang yang ngerokok + Kak Jojo juga gak puasa. Aku diajak ke Mall di Depok, nemenin Kak Jojo nyari kemeja buat kerja. Nah pas ada tlp masuk ke hp Kak Jojo, aku diminta untuk bayar ke kasir. Firasat aku sih yang telp itu si Mirayang Mirayang itu deh, jadi tanpa nanya dulu aku langsung teriak 
"Kak Jojo lagi sama pacarnya, jangan ganggu woy" tepat sebelum Kak Jojo pergi ninggalin aku dikasir. Tapi Ka jojo bilang itu dari temen kampus, bukan dari Mirayang.

Setelah itu Kak Jojo ngajak aku ke toko buku. Toko buku tuh surga dunianya aku banget, aku bisa lama-lama di toko buku tapi kali ini aku gak menikmati betul-betul buku yang berbaris rapi di rak. Dan biasanya aku selalu misah kalo lagi di toko buku karena kan mau liat-liat semua buku disetiap raknya, dan kali ini pun begitu. Saat Kak Jojo sudah menemukan buku untuk dibaca, aku tetap mencari dan menjauh dari posisi Kak Jojo berada. Ya, aku pindah ke barisan rak paling ujung dan aku menelepon Mirayang yang nomornya memang sengaja aku save.
"Hallo, ini siapa ya? tanyaku
"Mira. Kamu Lala ya?" tanya Mirayang.
"Iya, aku dapet nomor kamu dari hp nya Kak Jojo". 
"Aku juga dapet nomor kamu dari hp nya Jojo. Kamu ini siapanya Jojo?" tanya Mirayang.
"Aku pacarnya Jojojawabku tegas. 
"Aku  juga pacarnyajawab Mirayang. 
"Hah? pacar?" tanyaku meyakinkan.
"Iya, aku udah tiga bulan pacaran sama Jojo" sombong Mirayang.
"Aku udah lima bulan lebih" jawabku. 
Dan karena merasa ditipu oleh lelaki yang sama akhirnya kami saling bercerita. Ya aku dan Mirayang curiga dengan gerak gerik Jojo selama ini. Mirayang bilang kalau temen kerja Kak Jojo di halte busway Senen tempat kerja Kak Jojo itu juga temennya yang juga jadi mata-matanya, jadi Mirayang tau ketika aku main ke halte busway Senen atau saat aku dan Kak Jojo pergi ya dari temennya itu. Dan ternyata Kak Jojo bilang ke Mirayang kalo aku ini keponakannya, sama kaya Kak Jojo bilang ke aku kalo Mirayang ini keponakannya. Kak Jojo juga pernah keceplosan manggil aku dengan sebutan neng yang harusnya itu panggilan buat Mirayang, dan pernah juga manggil Mirayang dengan sebutan adek, panggilan Kak Jojo untuk aku. Dan Mirayang ini kerja di halte Galur, satu halte dari halte Senen. Jadi tiap Kak Jojo lewat Galur, Kak Jojo selalu godain Mirayang. Itu penjelasan Mirayang yang bertolak belakang dengan pengakuan Kak Jojo. Akh bodo aku gak perduli mana yang bener mana yang bohong. Cukup banyak aku dan Mirayang saling bercerita membongkar kebohongan Kak Jojo. Lalu aku sepakat akan tanya ke Kak Jojo, begitu pun dengan Mirayang. 

Setelah menutup telpon dan menghapus kontak telpon masuk, aku hampiri Kak Jojo yang ternyata sedang mencari-cari aku.
"kamu kemana aja sih dek, Kakak nyariin juga! Yuk kita pulang" ajak Kak Jojo.
"gak jadi buka puasa disini?" tanyaku.
"gak deh, Kakak lupa harus ke tempat temen, kita makan deket kosan kamu aja yak" jawab Kak Jojo.
Dan akhirnya aku dan Kak Jojo pulang, aku makin gak respect sama Kak Jojo, gila aja lu, udah waktunya buka puasa malah ngajak pulang, beliin minum juga engga. Mentang-mentang dia gak puasa. Untung waktu itu aku ada bawa permen, jadilah aku buka puasa dengan permen 😠 Gak lama kemudian, dibawalah aku ke warteg pa'de deket kosanku.
"yaelah, ngabuburitnya mah ke mall, makannya mah tetep diwarteg" ngumamku dalam hati.
Setelah memesan makan, kita makan dalam kondisi hening, tapi hp ku selalu berbunyi sms masuk dari Mirayang yang menanyakan bagaimana, apa udah tanya Jojo, aku hanya baca sms nya tanpa ku balas, tapi karena si selingkuhan ini gak sabaran bikin hp bunyi terus dan itu bikin Kak Jojo penasaran juga dan ngambil hp ku dengan paksa untuk liat itu sms dan tlp dari siapa, padahal niat aku tuh mau introgasi Kak Jojo dikosan.
"Kamu ngapain sih smsan sm dia?" tanya Kak Jojo.
"Kenapa emang?!" jawabku nyolot. "Mirayang itu bukan keponakan Kakak kan?" "Ka jojo bohongin aku?" cecarku.
"Apaan sih dek!" jawab Kak Jojo dengan nada agak tinggi. 
"Ayo Kakak anter ke kosan". Dan kemudian membayar uang makan kami berdua.
Dijalan menuju kosan yang gak terlalu jauh aku tetap ngocehin Kak Jojo.
"Jawab jujur deh Ka? Kakak tuh pacarnya ada berapa sih?" tanyaku tapi Kak Jojo sama sekali gak jawab.
Sampai dipintu kamarku, Kak Jojo langsung pamit pulang.
"Jawab dulu Kak, kasih kejelasan dong", "Kakak bukannya mau pulang kan? tapi mau kerumah selingkuhan Kakak!"
"Kamu nuduh Kakak? ini pasti gara-gara kamu buka-buka hp Kakak ya?! Kan Kakak udah bilang hp itu privasi, jangan sembarang. Udahlah Kakak mau pulang!" jawab Kak Jojo marah-marah sambil pergi meninggalkanku tanpa kejelasan.
Aku langsung telpon Mirayang, dan marah-marah.
"Ah gara-gara elu tuh gak sabaran banget, ketauan Jojo kan smsnya. Kan udah gw bilang tunggu gw yang kasih kabar. Kacau deh semua" omelku ke Mirayang.
"Moh Jojonya udah balik, malah dia yang marah-marah. Palingan mau ke tempat lu" ucapku ketus.
Dan benar, Kak Jojo emang nyamperin Mirayang, aku juga gak tau apa yang mereka bahas. Yang aku tau aku nangis karena kesal, dan malam itu aku sendiri karena Riri teman sekamarku sedang pulang kerumahnya. 

Keesokan harinya, yang kebetulan adalah hari Minggu, aku telp Kak Jojo minta ketemuan, aku mau minta penjelasan tentang masalah ini tapi Kak Jojo seperti gak menghiraukan, mungkin lebih tepatnya menghindar, tapi tetap aku cecar dia terus sampai akhirnya mau nurutin untuk ketemuan dengan aku. Jadi minggu ini aku gak pulang ke rumah untuk meng-clear-kan masalah segitiga ini. Aku sudah dibusway saat Mirayang menelpon menanyai kabar aku, aku bilang aku mau nemuin Kak Jojo dan minta supaya dia gak usah kepoin aku terus karena itu malah bikin berantakan. Dan sesampainya di halte busway Monas, tempat yang aku dan Kak Jojo sepakati untuk ketemuan. Kak Jojo lebih banyak diem waktu aku ngoceh ngomel karena diselingkuhin.
"Kakak tega banget sama aku"
"Pantesan aja gak mau main kerumah, ternyata emang dari Kakaknya yang gak serius, buktinya baru tiga bulan Kakak udah selingkuhin aku"
"Sekarang aku tanya deh, Kakak milih siapa? aku atau si Mirayang Mirayang itu?!"
"Jawab kali Kak, jangan diem aja!" cecarku,
"Maaf dek, bukan maksud Kakak kaya gini. Kakak tuh sayang sama kamu tapi Kakak gak tau harus gimana" jawab Kak Jojo muter-muter gak jelas.
"Yaudah deh karena Kak Jojo juga kayanya bingung mau milih siapa, aku bantu aja ya" potongku.
"Aku mundur Kak, silahkan lanjutin hubungan Kakak dengan Mirayang, aku iklas Kak"
"Aku beruntung bisa tau kaya gimana Kakak sebenarnya".
"Semoga cepet nikah ya Kak sama Mirayang, yang langgeng, jangan selingkuh lagi!" ucapku sambil berlalu naik kedalam busway yang kebetulan datang walaupun sebenernya bukan busway yang ingin aku naiki. Ya, yang penting aku pergi aja dari situ, dan ternyata Kak Jojo juga gak ada tuh upaya untuk narik atau cegah aku pergi. Akh sudahlah lupakan. Gak penting.

Dan sampai dikosan, aku cerita ke tante Rosi, tetangga kamar aku, dan karena beliau juga ada pas adegan Kak Jojo pamit marah-marah karena kegep selingkuh. 
"itu mah cewenya udah kena, kalau sampai kaya itu La" jelas tante Rosi kepadaku.
Aku gak ngerti sih maksudnya udah kena itu apa, tapi aku juga gak ada niat buat nyari tau.
"Laki tuh begitu emang kalau ketauan salah, harusnya kita yang marah eh malah dia yang lebih marah, ya biar kita ngalah" lanjut tante Rosi kesal.
"Yaudah lah ya, untung aja ketauan bejatnya sekarang, coba kalau nikah, udah susah deh".
"Iya tante, tapi tetep aja sakit" 😔jawabku dengan nada rendah dan malah dijawab dengan tawa tante Rosi.

Setelah hari itu aku benar-benar putus hubungan dengan kedua mahkluk yang bernama Jojo dan Mirayang itu. Sampai saat aku dan keluargaku pergi mudik lebaran tiba-tiba ada sms masuk dari nomor Mirayang, menayakan kabar aku dan ternyata dia tetap lanjut dengan Kak Jojo. Kemudian aku tau bahwa yang sms itu adalah Kak Jojo bukan Mirayang. Mungkin mereka sedang bertukar hp. Entahah. Di sms itu, Kak Jojo minta maaf karena telah menduakan aku, dan katanya nih katanya dia nyesel kenapa malah milih Mirayang dibanding aku. 
"Akh menyesal memang selalu belakangan Kak, karena kalau di depan itu namanya pendaftaran" 😆

Aku gak pernah cerita tentang masalah percintaan aku ke mama, dan karena aku pikir aku dan Kak Jojo juga udah selesai, ya buat apa cerita. Tapi ternyata aku jadi geli sendiri terima sms dari Kak Jojo jadilah aku cerita ke mama dari awal pertama aku ketemu. Seneng ya ternyata curhat sama mama sendiri. Mama pasti akan menasehati karena mama gak mau anaknya disakiti.
"Jadi cewek tuh harus jual mahal, jangan baru diajak sekali langsung mau. Cowok juga jadinya gak tertarik. Jadi seperti gak ada tantangannya" mama menasehatiku.
"Dan kalau mau main, ajak aja kerumah. Kalau dia serius sama kamu, pasti dia mau main kerumah. Kalau engga, ya perlu dipertanyakan" sambung mama.

Bertahun-tahun berlalu, kemudian boominglah facebook dan Kak Jojo entah dari mana ia add aku, gak aku konfirmasi pertemanannya tapi aku stalking aja karena penasaran dan siapa suruh semua postingannya share publik jadikan aku bebas menjelajah isi wallnya hihihi dan dari foto-foto yang ada aku baru tau bahwa mereka masih lanjut pacaran dan ternyata si Mirayang itu berbodi besar berisi, beda sama aku yang tinggi cungkring. Yaudahlah ya mungkin emang seleranya begitu, lebih empuk dipeluk dibanding aku yang isinya tulang doang 😅

Dan belum lama ini, aku lagi benah-benahin facebook aku dan melihat banyaknya request petemanan aku, kan kemudian aku liat nama Kak Jojo disitu, dan langsung iseng lagi aku nya stalking doi hahahaha. Ternyata eh ternyata Ka Jojo udah nikah di tahun yang sama denganku, dan nikahnya sama si Mirayang itu, cuma bedanya duluan aku empat bulan dibanding mereka dan kaya nya sampai sekarang mereka masih disuruh pacaran deh, karena yang aku tangkep dari si facebook ini mereka belum punya anak. Kalau aku udah punya satu anak. Yang terbesit dalam pikiran aku saat liat foto akad mereka adalah "jago juga nih Mirayang jagain si Jojo, ampe nikah" dan emang kalau baca dari status-statusnya si Mirayang ini bener-bener overprotektif banget, gak boleh banget si Jojo deketin cewek selain dia 😅

Ya akhir dari cerita ini adalah cinta Jojo dan Mirayang benar-benar bersemi dibusway -- secara mereka emang kerja di per-busway-an yaa
Happy ending dengan lanjutan episode kehidupan masing-masing 🙏

By the way anyway busway, ini beneran kisah nyata aku lho, cuma nama aja yang disamarin dan ada sedikit improvisasi. Karena sesungguhnya menulis cerita berdasarkan fakta yang ada lebih mudah dibanding harus mengarang bebas 😜
Selamat menikmati para busway'er. Happy reading 😙

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Alasan Porsi Nasi Padang Lebih Banyak Saat Dibungkus

Siapa suka makan nasi Padang? si kolesterol yang lezat. Yes, hidangan rendang khas Minang nya selalu masuk dalam daftar kuliner terleza...