Kamis, 11 Januari 2018

Tetap Bekerja saat Hamil

Ini cerita saat baby H masih di dalam perut yang ikut mama jadi kuli. Ya, karena saat hamil aku tetap bekerja.
Ini cerita aku bekerja saat hamil. Hmm atau hamil saat bekerja. Ya begitulah pokoknya 😄


Aku adalah seorang karyawan di perusahan online shop cukup ternama di Indonesia. Mungkin moms pikir kerjanya enak yak, tapi sayangnya aku kerja dibagian gudang sis. Yes, tempat yg penuh debu karena hiruk pikuk barang masuk dan keluar. Dan aku berada di divisi return supllier. Jadi kalau moms pernah belanja online, dan menemukan reject di product yang moms beli dan moms minta ganti barang yg bagus, refund atau kredit. Nah kerjaan aku adalah di bagian mengembalikan product reject tersebut ke brand.

Tapi sebenernya aku ini adalah admin inbound yang mengurusi barang dari supplier masuk ke gudang untuk di cek dan dimasukan ke dalam sistem agar bisa moms lihat di web. Tapi karena barang yang datang bisa ber-ratus-ratus bahkan ribuan, aku gak sanggup karena kondisi hamil aku di semester awal itu parah banget jadi aku aku minta pindah ke divisi lain, yang lebih ramah untuk ibu hamil pemabokan kaya aku ini. Awalnya aku ada dipindah ke divisi return customer, mengurusi komplain-komplain moms semua tapi itu gak lama karena kemudian aku dipindah ke divisi return supplier.
Moms bisa bayangin gudang online shop yang besar, dipenuhi oleh rak-rak tingkat tinggi yang berisi tumpukan baju, tas, sepatu, assesories dan lain sebagainya. Walaupun keliatannya bersih tetap yang namanya debu pasti ada. Sempat ada beberapa kali stock opname dan aku ikut walau gak fulltime karena kondisi fisik yang emang parah banget di semester pertama kehamilan aku. Dan beruntungnya aku punya temen-temen yang care sama aku, ya walaupun yang ngiri juga ada hihihi 😁

Jadi moms, aku baru tau kalau aku hamil ini pun gak sengaja. Jadi, waktu itu aku nganter temen kantor aku ke apotek. Aku gak tau kenapa aku malah beli testpack dan langsung beli empat sekaligus dengan berbagai merk hahhaha.. Besok paginya langsung aku pipisin tuh testpack, saking penasarannya langsung aku coba keempat testpack yang aku beli, dan semuanya dua garis. Aku kasih liat mama (mertua) aku, dan beliau konfirmasi iya bener aku hamil. Kejadian ini pas suami lagi dinas di Balikpapan. Aku coba untuk tahan diri buat ngasih tau suami kabar gembira ini pas doi pulang tapi gak bisa nahan aarrghh, jadilah ngasih taunya pas lewat videocall hahaha dan aku langsung inget kalo beberapa minggu lalu itu aku dan suami abis naek ke Papandayan. Huwaa.. aku langsung mikir keras betapa petakilannya aku di Papandayan, makan gragasan sesuka hati. Langsung deh ngusap-ngusap perut semoga baby H dalam kondisi baik-baik aja. Herannya, suami aku udah punya feelling kalo aku hamil waktu di Papandayan, dari gerak gerik aku katanya, gak ngerti deh gerak gerik yang kaya gimana, wong aku yg hamilnya gak sadar 😜

Sepulangnya suami dari Balikpapan, langsung lah kita ke Rumah Bersalin Dr. Eni, selain dekat rumah, hasil googling dan tanya-tanya sodara dan kawan bilang kalau Rumah Bersalin Dr. Eni itu bagus, dan ternyata eh ternyata kehamilan aku udah masuk minggu ke-14, jadi pas aku nanjak tuh baby H umur 2 minggu. Hasil USG, alhmdulillah sehat, dan aku dikasih vitamin-vitamin khusus ibu hamil. Moms tau kan, vitamin ibu hamil itu ukurannya gede, sedangkan aku tuh gak bisa banget nelen obat. Obat segede panadol aja perlu aku potek dua kadang empat dan aku harus sedia minum satu teko dan ada cemilan atau permen buat ngatasi rasa pait si obat hehe payah banget yak 😅 Tapi semenjak hamil tentunya pengen yang terbaik untuk anak dong, aku jadi bisa nelen obat dong. Horey hahahha dari awalnya terpaksa lama-lama terbiasa. Akh apapun mama lakukan untuk mu nak *sambil ngusap-ngusap perut.

Dua minggu kemudian, aku ada di fase morning sickness parah, gak bisa makan nasi dan gak suka makan makanan mama (mertua) maaf mah, setiap makan pasti muntah, baru satu suap pasti muntah. Jadi kalau orang rumah pada makan bareng, aku mah cuma ngeliatin aja, nah untuk ngakalin supaya ada masuk, mama buatin aku jagung rebus, kentang rebus sebagai pengganti nasi, dan ini yg jadi bekel makan aku di kantor, tetep diselingi buah. Semenjak hamil aku jadi langganan beli pisang, ini udah top banget deh menumpas kelaperan disaat mual melanda, snack bergizinya kadang apel atau pir. Bosen dengan jagung, dan apel. Sarapan pagi dan tengah malem aku adalah bubur kacang hijau. Yes, setiap pulang kerja, aku pasti beli 2 porsi. 1 porsi untuk makan malam dan 1 porsi lagi untuk makan tengah malam. Total 16.5 kg berat badan naik selama hamil. Yuhuu.. Total 16.5 kg berat badan naik selama hamil, tapi gak keliatan lho, karena katanya gak selebar orang-orang hamil lainnya. Posisi perut aku tuh tepat di depan, bunder sempurna. Kan ada yah, yg hamil perutnya kebawah banget. Katanya sih kalo perutnya dibawah itu anaknya cowo. Oh iya, hamilnya aku ini jadi ajang taruhan temen-temen kantor lho. Mereka semua main tebak-tebakan jenis kelamin anak aku gitu, dan aku emang gak pernah ngasih tau kalau ada yang nanya jenis kelamin anak aku ini hehe..
Pernah pas USG, kayanya si dokter baru aja taruh olesin gel diperut danh (alat USG) ditempel diperut tapi beliau langsung ngasih tau jenis kelamin anak aku cewek. Suami langsung nyeletuk ‘yah dokter malah dikasih tau, orang kita lagi main tebak-tebakan’, dokter jawab dengan ketawa aja ngeliat tingkah pola suami istri yang aneh ini.

Aku kena morning sickness ini sampai hampir masuk 5 bulan. Tiap pagi dikantor lelarian ke toilet karena jackpot, sampe ada temen yang nyiyir ‘lemah banget loh, gak kaya si A’ dan ternyata doi lebih parah maboknya dari gue😕 ahahah rasain luh!

Diawal kehamilan, absensi kantor beneran jeblok, sering gak masuk, sering tiba-tiba ijin pulang. Akh lepas lah si julukan karyawan teladan ku. Gak apa-apa, demi anak aku rela.
Masuk bulan ke lima kehamilan aku, aku udah bisa makan nasi. Oh iya, kulkas di tempat aku kerja ini jadi penuh dg snack buah-buahan dan susu hamil aku lho ahaha. Ya karena kadang suka gak sempet minum susu dirumah jadi aku seduh aja di kantor hehe. Aku juga jadi aktif ikutin sosmed nya berbagai merk susu ibu hamil dan sering banget di tlp call center nya buat nanyain kondisi kehamilan aku, akh seneng rasanya diperhatiin walau ujungnya emang nawarin produknya hihihi..

Perut semakin membesar, dedek bayi semakin aktif bergerak. Nikmat nya sampe ke ulu ati hahaha. Aku masih suka bandel sih karena sering angkat barang berat sendiri, karena pada dasarnya aku gak suka minta tolong orang lain selama aku bisa ngerjain itu sendiri, dan kadang orang yang dimintain tolong itu suka lambat, jadi aku gregetan, makanya aku angkat sendiri, walaupun ujung-ujungnya diomelin Ibu Bidan, Bapak Dokter dan tentunya suami. Selama hamil ini aku kelewat rajin deh, mungkin karena anaknya cewek. Gak tau kenapa tiba-tiba aku pengen aja ubah bentuk ruang depan kamar tidur aku, dan disitu ada lemari buku dan itu aku geser sendiri dong (isi lemari kosong ya), aku tau aku bakal diomelin suami aku tapi gimana dong, kan mumpung lagi rajin aku nya dan jeng jeng pak suami datang dan marah marah ‘kenapa gak nunggu aku pulang sih?’ hehe maaf pah..

Oh iya, waktu itu sempet ada bazzar barang-barang yang gak bisa dikembaliin ke supplier. Jadi semua barang seperti tas, baju, sepatu, accessoris semuanya ditaruh di lantai yang sudah diberi alas tentunya, dan kami para karyawan di beri waktu 15 menit untuk milih jenis barang apa yang di mau. Dan waktu itu dibagi beberapa kelompok gitu, supaya gak numplek semua jadi satu, dan aku kebagian kloter terakhir yg udah sisaan doang, dan temen-temen aku selesai bazzar tuh mereka ngeliat aku ngilu karena emak-emak bunting 9 bulan nyari barang diskon hahaha padahal aku ngerasa biasa aja, dan aku selalu jaga jarak aman supaya gak ada yg nyenggol perut aku. Ini pengalaman seru sih.

Hamil baby H ini, aku gak ngidam parah sih yang sampai harus bangunin suami tengah malam buat nyari sesuatu. Mungkin karena faktor aku anak pertama yang dituntut mandiri karena keadaan keluarga yang pas-pas-an kali yak jadi ngerasa bahwa apa yang kita mau tuh gak semuanya bisa di dapet. Maka dari itu setiap aku pengen sesuatu dan itu gak kesampean ya aku biasa aja. Sampai suami aku tuh bilang ‘bersyukur punya istri yg hamilnya gak macem-macem’, efek denger cerita temen kantornya yg kewalahan ngeladenin ngidam bininya.

Menuju usia kehamilan 9 bulan, di bulan Ramadhan. Aku tanya suami boleh gak aku puasa? Suami bilang hari ini (hari pertama puasa) gak usah puasa dulu ya, nanti malem baru kita tanya dokter. Jadilah hari pertama puasa aku bawa sekantong pisang ke kantor tapi yang makan malah temen aku yg males gak puasa. Sepulang kerja aku langsung cek rutin dan nanya apa aku boleh puasa, Dokter bilang boleh tapi jangan memaksakan diri. Well, akhirnya aku puasa hampir penuh (5hari sebelum lebaran baby H lahir).

Aku seneng aja hamil pas kena di bulan puasa, jadi lebih semangat gitu ibadahnya dan yg pasti gampang nyari kurma hahaha iya karena aku makan kurma pas waktu buka puasa dan aku selalu bikin water infuse buah kurma  yang aku minum pas sahur untuk jaga kondisi tubuh aku biar tetep fit. Dan setiap waktu berbuka aku selalu minum air kepala, yang biasanya diluar bulan puasa aku cuma minum setiap weekend.


Setiap jam istirahat, gak pernah aku pake untuk tidur kaya temen-temen yang lain tapi aku pake buat dengerin tilawah Qur’an dan aku pake earphone yang aku tempelin diperut. Sebenernya dari awal hamil aku udah kasih denger perut aku tilawah Qur’an ini sih cuma gak se instens pas Ramadhan. Aku juga sering ajak ngobrol baby H soal kerjaan, minta bantuannya kalau mesti angkat beban dan aku sering minta tolong sama baby H supaya mau bekerja sama supaya bisa lahiran normal dengan mudah dan cepat, and its work. Aku bakal cerita tentang proses persalinan aku, di postingan berikutnya. Jangan lewatkan ya 😊

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Alasan Porsi Nasi Padang Lebih Banyak Saat Dibungkus

Siapa suka makan nasi Padang? si kolesterol yang lezat. Yes, hidangan rendang khas Minang nya selalu masuk dalam daftar kuliner terleza...